Selasa, 23 September 2008

Pelajaran 4. KESELAMATAN

THE ACCESS TO THE KINGDOM

Ayat Hafalan : Kisah Para Rasul 4:12

Allah menciptakan dunia ini dan manusia dalam keadaan yang baik. Supaya manusia bisa bersekutu dengan Allah. Tetapi karena manusia memilih untuk tidak taat kepada perintah Allah untuk tidak makan buah pengetahuan baik dan jahat. Akibatnya manusia jatuh dalam dosa. Dan sejak itu dosa telah menjalar kepada seluruh umat manusia.
"Seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa." Rm 5:12.

Akibat Dosa
- Dosa menjalar ke seluruh manusia - Rm 5:12
- Kematian menimpa seluruh manusia - Rm 5:12
Tiga macam kematian:
1. Kematian fisik - Pemisahan roh dari tubuh
2. Kematian rohani - Pemisahan roh dari Allah
3. Kematian kekal - Pemisahan roh dan jiwa dari Allah untuk selamanya.
- Hukuman dan neraka menanti orang berdosa Dan 12:2, Mat 25:46, disebutkan bahwa manusia yang berdosa akan masuk ke dalam tempat siksaan kekal. "Orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan, ia dilemparkan ke dalam lautan api" Why 20:11-15.


Jalan Dan Cara Manusia
- Beragama - manusia berusaha kembali kepada Allah dengan berbagai macam agama. Mereka menyatakan banyak jalan menuju Roma, analoginya banyak jalan menuju ke Surga. Semua agama mengajarkan hal-hal yang baik hanya caranya saja yang tidak sama dalam mencapai tujuannya ke Surga.
Tetapi analogi ini tidak tepat, karena keadaan Surga beda dengan dunia, dan yang berhak menentukan siapa yang boleh masuk Surga dan caranya adalah Allah sendiri bukannya manusia. Allah menyatakan hanya ada satu jalan menuju Surga yaitu melalui pribadi Tuhan Yesus Kristus (Yoh 14:6; Kis 4:12)
- Berbuat baik dan amal - Dalam Tit 3:5 manusia diselamatkan bukan karena perbuatan baik tetapi oleh rahmat Allah.
- Firman Tuhan menyatakan: Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor Yes 64:6. Sekalipun manusia telah berusaha berbuat baik bahkan mungkin berkorban menyerahkan nyawanya sendiri, tetapi semuanya itu tetap tidak ada faedahnya, karena tidak mencapai standar Allah dan tidak dapat menyelamatkan mereka dari hukuman Allah.

Jalan Keselamatan
Yesus adalah jalan keselamatan satu-satunya. "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Kis 4:12.
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak seorang yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" Yoh 14:6
Jalan keselamatan itu ditempuh dengan beriman kepada Yesus Kristus.


Langkah-Langkah Pertobatan
1. Pertobatan

Arti pertobatan adalah perubahan pikiran. Orang yang bertobat akan menjauhi dan berpaling dari dosa dan berbalik kepada Allah. 2 Kor 7:10 "Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian."
Buah-buah pertobatan
• Pengakuan dosa (1 Yoh 1:9)
• Meninggalkan dosa dan berpaling kepada Allah (Mzm 119:58-60; Ams 28:13)
• Membenci dosa (Yeh 6:9-14, 36:31-33)
• Kerinduan untuk pengampunan (Mzm 25:11)
• Pembayaran balik apabila perlu (Luk 18:13)


2. Beriman

Iman adalah ketaatan dalam meresponi apa yang dikatakan Allah.
"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat" (Ibr 11:1).
Iman berarti mempunyai kepercayaan, jaminan atau keyakinan terhadap orang lain atau perkataannya. Beriman kepada Allah melibatkan perubahan dari percaya kepada diri sendiri menjadi percaya kepada Allah. Kita lepaskan semua pengetahuan kita yang terbatas dan mulai menerima pengetahuan yang tidak terbatas dari Allah.
Bahkan dalam Ibr 11:6 "Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia"


3. Menerima Yesus
Why 3:20 "Yesus berkata: "Aku berdiri di depan pintu dan mengetok jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya."
Jika anda belum pernah mengundang Dia, berdoalah sekarang ini juga:
• Mintalah pengampunan akan segala dosa
• Bertobat
• Bukalah hati
• Undang Dia masuk sebagai Tuhan Juruselamat
• Miliki iman dan percaya bahwa Dia memeteraikan kita dengan Roh Kudus.
• Ucapkan syukur kepada Tuhan.


4. Kelahiran kembali
Yoh 3:3 Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah. Yoh 1:12,13: Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. Orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.


5. Pengakuan
Rm 10:9-10 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
Arti iman adalah wujud dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang belum kita lihat. Tanpa iman mustahil manusia diperkenan Allah Ibr 11:6.

Hasil iman kita kepada Kristus:
1. Dosa kita diampuni dan kita memperoleh keselamatan, karena kasih karunia Ef 2:8,9
2. Kita dibenarkan Rm 3:28
3. Kita memperoleh hidup kekal Yoh 20:31, Yoh 10:28, I Yoh 5:13
4. Tubuh kita disembuhkan Mat 9:22
5. Doa kita dikabulkan Yak 5:14-17.


6. Pengangkatan Anak
Pengangkatan anak atau adopsi merupakan perbuatan anugerah dimana Allah menempatkan mereka yang menerima Yesus Kristus, dalam kedudukan sebagai anak-anak, serta menganugerahi mereka segala hak dan keistimewaan sebagai anak.
Pengangkatan merupakan perubahan pangkat dan kedudukan kita. hal ini bersangkutan dengan hak istimewa kita sebagai anak-anak. Ketika kita dijadikan anak-anak Allah dengan jalan menerima Yesus Kristus (Yoh 1:12), Allah tidak lagi memperlakukan kita sebagai hamba tetapi sebagai anak-anak yang sudah menerima "hak anak angkat". Kita diperlakukan sebagai pewaris-pewaris yang dapat menuntut hak atas warisan-warisan kita.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to Play Baccarat | Worrione
Baccarat is a 메리트 카지노 주소 classic 바카라 사이트 game that can be played as deccasino either a partnership or solo. Learn how to play Baccarat and learn more.