Selasa, 23 September 2008

Pelajaran 2. ALLAH

THE KING (THE MESSIAH)


Ayat Hafalan: Mzm 121:5

Allah yang Maha Besar yang tidak mungkin bisa dimengerti keberadaan-Nya oleh akal pikiran kita yang kecil ini. Namun kehadiran-Nya dan karya-Nya dapat kita rasakan dan kita lihat. Di dalam kitab Ayub 11:7 Allah berfirman :
"Dapatkah engkau memahami hakekat Allah, menyelami batas-batas kekuasaan Yang Mahakuasa ?" Allah hidup di Surga dan Dia memerintah seluruh bumi, Allah berfirman kepada kita : "Beginilah Firman Tuhan, langit adalah tahta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku..." (Yes 66:1)
"Allah memerintah sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah yang bersemayam diatas tahta-Nya Yang Kudus" (Mzm 47:9)
Didalam pelajaran ini kita akan melihat kebenaran-kebenaran khusus tentang Allah. Ini adalah fakta-fakta tentang karakter Allah yang tidak berubah. Setelah kita membaca semua ini kita akan lebih mengerti tentang Allah itu. Kita akan memahami Allah dan juga memahami bagaimana cara Allah memelihara kita secara pribadi (tentunya pengenalan kita tidak sempurna).


A. Siapakah Allah Itu?
1. Allah Adalah Pencipta Segala Sesuatu
"Hanya Engkau adalah TUHAN ! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan bala tentaranya dan bumi dengan segala yang ada diatasnya, danau dengan segala yang ada didalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu" (Neh 9:6)
"Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku" (Mzm 139:13)
2. Allah Berkuasa Dalam Segala Sesuatu
"...Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya ?...Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya...? (Rm 9:19-21)
"Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala" (I Taw 29:11)
"Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita" (Ef 3:20)
3. Allah Mengetahui Segala Sesuatu
"Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi dihadapannya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggung jawab" (Ibr 4:13)
"...Allah adalah lebih besar daripada hati kita serta mengetahui segala sesuatu" (I Yoh 3:20)
4. Allah Maha Kudus
"Tidak ada yang kudus seperti Tuhan, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita" (I Sam 2:2)
5. Allah Adalah Roh
"Allah itu Roh dan barang siapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran" (Yoh 4:24)
6. Allah Adalah Seorang Pribadi Yang Dapat Kita Kenal
"Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu" (Yak 4:8). "Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan" (Mzm 145:18)
7. Allah Adalah Bapa Maha Pengasih
"Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita sehingga kita disebut anak-anak Allah dan memang kita adalah anak-anak Allah" (I Yoh 3:1)


B. Allah Maha Besar Tidak Mungkin Tinggal Didalam Kuil-Kuil


"Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas segala sesuatu kepada semua orang...'Sebab didalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada. 'Seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu : "Sebab kita ini dari keturunan Allah juga" (Kis 17:24,25,28)


C. Kita Adalah
1. Ciptaan Allah

"Aku bersyukur kepadaMU oleh karena kejadianku dashyat dan ajaib; ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan ditempat yang tersembunyi dan aku direkam di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam dibagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya" (Mzm 139:14-16)
2. Milik Allah
"Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam didalam kamu, Roh kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar; karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" (I Kor 6:19-20)
3. Dipanggil Untuk Menyembah Allah
"Ya Tuhan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada diciptakan" (Why 4:11)


D. Mengambil Keputusan
Yesus berkata, "Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu" (Mat 22:37)
Firman Allah mengatakan kepada kita tentang seorang laki-laki yang bernama Yosua. Dia adalah seorang pemimpin yang besar dari bangsa Israel. Bangsa Israel telah mengembara selama empat puluh tahun di padang gurun, mereka tidak memiliki tanah air. Yosua dibawah pimpinan Allah... memimpin mereka dalam kemenangan melawan bangsa-bangsa kafir yang tinggal di Kanaan, dan merebut tanah air mereka untuk menjadi miliki bangsa Israel.

Yosua kemudian menantang semua orang untuk mengambil keputusan:
"...pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah, yang kepadanya nenek moyangmu beribadah diseberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini, tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan! (Yos 24:15)

Tantangan yang sama juga ditujukan kepada kita. Apakah kita akan membuat komitmen yang sama dengan Yosua pada hari ini?


Komitmen Saya
Pada hari ini saya mengambil keputusan untuk menyembah hanya kepada satu-satunya Allah yang benar dan menyerahkan kehendakku, hidupku, harta miliki dan seluruh kehidupanku kepada-Nya. Mulai hari ini saya memutuskan tidak akan menyembah allah-allah lain. Penyembahku hanya kuberikan kepada-Nya, dan saya akan mengajarkan mengenai kebenaran-kebenaran Allah kepada orang lain.

1 komentar:

Denis Desmanto mengatakan...

Χ©ΧœΧ•Χ/ shalom. Mari kita belajar membaca teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 berikut ini πŸ‘‡πŸ»

Teks Ibrani, " שמג Χ™Χ©Χ¨ΧΧœ Χ™Χ”Χ•Χ” ΧΧœΧ”Χ™Χ Χ• Χ™Χ”Χ•Χ” אחד. "

Cara membacanya, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad. "

Χ‘Χ¨Χ•Χš שם Χ›Χ‘Χ•Χ“ ΧžΧœΧ›Χ•ΧͺΧ• ΧœΧ’Χ•ΧœΧ Χ•Χ’Χ“
Barukh Shem kevod malkuto le'olam va'ed

πŸ•Ž✡️πŸŸπŸ“œπŸ––πŸ»Χ©✝️πŸ—Ί️πŸ•Š️πŸŒΎπŸ‡πŸŽπŸ